Pentingnya RIM Berkantor di Indonesia


Selasa (9/11) PT Research In Motion Indonesia (RIM) resmi membuka kantor di Jakarta. Bagaimana hal ini memengaruhi pengguna BlackBerry di Indonesia?
Peresmian PT RIM Indonesia di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, dihadiri distributor, operator seluler, serta perwakilan pemerintah. Mereka adalah tiga pihak penentu kesuksesan RIM dalam memasarkan handset BlackBerry di Indonesia.


Strategi pemasaran RIM di Indonesia sendiri dipegang oleh Presiden Direktur PT RIM Indonesia Andrew S Chobam. Di dunia telekomunikasi, Chobam bukan orang baru. Selama 1998–2006 dia menjabat sebagai Presiden Direktur dan Corporate Country Manager PT Motorola Indonesia.
Nah, sekarang apa yang berubah? Gregory Wade, Managing Director RIM Asia Tenggara, mengungkapkan bahwa pendirian PT RIM Indonesia merupakan bukti konkret komitmen investasi jangka panjang yang dilakukan di Indonesia. ”Ini adalah milestone. Kami sangat bersemangat,” ujar Wade, yang sebelumnya mengungkap pihaknya telah mendapat dukungan dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM).
Wade juga menginformasikan bahwa saat ini ada 36 pusat pelayanan pelanggan resmi BlackBerry yang akan mulai beroperasi pada akhir 2010. Pusat layanan ini mendukung jaminan (warranty) selama 24 bulan pembelian BlackBerry mulai 15 Juli 2010, melalui tiga mitra distributor lokal. Ketiga mitra terbebut antara lain PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech Cellular, dan PT Selular Media Infotama. Ketiganya bekerja sama dengan Brightpoint. BlackBerry juga didistribusikan melalui sejumlah operator seluler di Indonesia.
Bagi calon pembeli dan pengguna BlackBerry, ini artinya mereka lebih mendapat kepastian garansi yang jangka waktunya mencapai 2 tahun. Tim karyawan lokal, lanjut Wade, juga akan lebih memudahkan koordinasi dan kerja sama antara RIM dan mitra operator serta distributor.
Lalu, berkantornya RIM di Indonesia tentu saja membuat penetrasi pasar BlackBerry di Indonesia juga akan semakin tinggi. Artinya, akan lebih banyak lagi produk BlackBerry yang akan masuk dan dirilis di Indonesia, termasuk tablet PlayBook. Bukan tidak mungkin pula Indonesia akan menjadi prioritas bagi RIM di pasar Asia Pasifik. Seperti saat Indonesia menjadi negara pertama diluncurkannya BlackBerry Torch 9800 di pasar Asia Pasifik.
Terakhir dan yang paling penting adalah bagaimana RIM kini semakin giat untuk mendorong pertumbuhan developer dan start ups lokal. Sejauh ini memang belum ada data yang menunjukkan berapa jumlah aplikasi BlackBerry buatan developer Indonesia.
Namun, saat ini developer Indonesia sudah menyita perhatian khusus RIM. Dalam gelaran Super Appss Developer Challenge 2010 di Singapura, misalnya, tiga aplikasi Indonesia berhasil menjadi yang terbaik. Antara lain Ramadhan Pocket Guide oleh Veelabs Indonesia, Forum for BlackBerry buatan Remko Weingarten, serta Love Indonesia oleh Love Indonesia
Selain mulai aktif memberikan dukungan dan informasi terhadap developer lokal, Mike Kirkup, Director, Developer Relations, Research In Motion, mengungkap bahwa RIM saat ini sudah mengajak kerja sama beberapa pihak dalam mengembangkan aplikasi.
Salah satunya Academic Program, di mana universitas dapat mengembangkan mobile device content untuk membantu mahasiswanya dalam perkuliahan. ”Pertumbuhan developer di Indonesia sangat fenomenal. Ekosistemnya juga mulai terbangun dengan baik,” ujar Mike. Kabarnya, RIM juga berniat menggelar BlackBerry Developer Conference tingkat Asia yang akan dihelat di Bali pada Januari 2011.
Seberapa besar sebenarnya market BlackBerry di Indonesia? Pertanyaan mungkin bukan jumlah pelanggan saat ini, melainkan potensi penambahan pelanggan di masa mendatang.
Diperkirakan, jumlah pelanggan BlackBerry pada akhir 2010 mencapai 2 juta pelanggan. Angka ini meningkat empat kali lipat dibanding jumlah pelanggan di akhir 2009 yang hanya 500.000 orang. Peningkatan BlackBerry di Indonesia dari tahun ke tahun tergolong luar biasa.
Selain lima operator partner RIM yang terus berusaha mengakuisisi pelanggan sebanyak-banyaknya, pertumbuhan signifikan BlackBerry erat kaitannya dengan lifestyle. Terutama tren berkomunikasi lewat BlackBerry Messenger serta akses ke jejaring sosial.

Artikel ini ditemukan dengan kata-kata pencarian berikut:

comtech cellular, pt comtech cellular, comtech cellular indonesia, no telp rim indonesia, comtech cellular blackberry, nomor telepon RIM indonesia, no telepon rim indonesia

Comments are closed.

Switch to our mobile site